Sabtu, 15 Juni 2013

Soal Hukum Dasar Kimia


1.      Sebanyak 12 g logam magnesium dibakar di udara membentuk 20 g magnesium oksida (MgO). Tentukan massa gas oksigen yang diperlukan dalam pembakaran tersebut!
2.      Logam tembaga direaksikan dengan 32 g belerang dan menghasilkan 97,5 g tembaga (II) sulfida. Tentukan massa tembaga yang bereaksi!
3.      Jika 54 g logam aluminium direaksikan dengan 48 g oksigen sehingga menghasilkan aluminium oksida. Ramalkan, berapa massa senyawa aluminium oksida yang terbentuk!

4.      Sebutkan isi Hukum Perbandingan Tetap dari Proust.
5.      Suatu senyawa oksida besi (FeO) mempunyai perbandingan massa besi dan oksigen sebesar 7 : 2. Tentukan persen massa besi dan oksigen dalam senyawa tersebut!
6.      Batu kapur mengandung unsur kalsium 40% massa, Karbon 12%, dan oksigen 48%. Tentukan massa tiap-tiap unsur tersebut dalam 5 kg batu kapur!
7.      Unsur A dan B dapat membentuk 2 macam senyawa. Senyawa I mengandung 40% unsur A dan senyawa II mengandung 25% unsur A. Tentukan perbandingan massa unsur B sehingga mengikuti Hukum Dalton!
8.      Pada suhu dan tekanan yang sama , 5 L gas hidrogen direaksikan dengan gas oksigen dan menghasilkan uap air. Tentukan volum gas oksigen dan uap air tersebut!
9.      Pada perkaratan 5 milyar atom besi dengan oksigen membentuk molekul karat Fe2O3. Tentukan:
    1. persamaan reaksinya
    2. jumlah molekul gas oksigen yang diperlukan, dan
    3. jumlah molekul karat yang terbentuk!
10.  Perhatikan reaksi berikut;
A + B à C + D
               Gas A bereaksi dengan gas B membentuk gas C dan D. Jika dalam reaksi tersebut masih tersisa gas B, maka yang disebut pereaksi pembatas adalah gas.......
11.  Sebanyak 50 g klorin dioksida direaksikan dengan 10 g air. Persamaan reaksinya diberikan berikut.
ClO2 + H2O à HClO3 + HCl
Tentukan pereaksi pembatasnya dsan sisa molnya di akhir reaksi.
12.  Suatu pesawat ruang angkasa membawa tangki bahan bakar berisi 105 kg hidrogen cair dan 620 kg oksigen cair. Keduanya akan bereaksi membentuk uap air sambil melepaskan energi yang diperlukan dalam peluncuran pesawat tersebut. Persamaan reaksi:
2H2(l) + O2(l) à 2H2O(g)
a.       Jika reaksi berlangsung sampai selesai, manakah yang merupakan pereaksi pembatas?
b.      Berapa massa dari pereaksi sisa?

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger
Kimia MAN Klaten @ 2016-DAVERANGGA. Diberdayakan oleh Blogger.