Sabtu, 15 Juni 2013

Soal Minyak Bumi


1.      Di Blok Cepu, terdapat sebuah tambang minyak bumi yang menghasilkan bahan mentah. Untuk dapat digunakan, maka perlu pengolahan lebih lanjut.
  • Bagaimana cara pemisahan minyak bumi tersebut?
  • Apa  prinsip dasar pemisahan minyak bumi tersebut?
 2.      Untuk meningkatkan kualitas bensin, maka bensin biasanya diberi zat aditif berupa Tetra Etil Lead (TEL) atau Methyl Tertier Buthyl Eter (MTBE). Beri alasan mengapa TEL sebagai bahan aditif pada bensin harus segera dihilangkan dan diganti dengan MTBE!
 3.      LPG sekarang sangat familier digunakan untuk bahan bakar rumah tangga. Hal ini dikarenakan konversi minyak tanah ke LPG yang dilakukan oleh pemerintah. Gas ini diyakini mempunyai tngkat efisiensi yang lebih baik dibanding minyak tanah (kerosin). Sebutkan komponen dasar pembentuk LPG!
 4.      Andre membeli premium di SPBU, lalu dia mengambil beberapa mililiter premium tersebut untuk di uji, setelah di uji laboratorium, ternyata premium tersebut mempunyai angka oktan 86%. Apakah arti angka oktan 86% tersebut?
 5.      Minyak bumi diolah menjadi fraksi-fraksi minyak bumi. Fraksi yang paling mudah mendidih adalah LPG, kemudian semakin kebawah akan menghasilkan residu yang merupakan fraksi terakhir dari minyak bumi. Sebutkan hasil terakhir dari pemisahan minyak bumi tersebut!

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger
Kimia MAN Klaten @ 2016-DAVERANGGA. Diberdayakan oleh Blogger.