Rabu, 04 Juni 2014

Persiapan KSM 2014

Kompetisi Sains Madraah Tahun 2014 ini merupakan KSM yang Ketiga. Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2014 dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 29 Agustus 2014 di Makasar. 
KSM sebagai wadah untuk melakukan olah pikir dan kreativitas siswa dan siswi madrasah agar dapat menjadi ajang membangun kemampuan bagi madrasah di tanah air dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). 
Dengan kompetisi ini madrasah diharapkan dapat memupuk motivasi bagi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang IPTEK, sehingga pada gilirannya siswa madrasah sebagai generasi penerus bangsa ini mampu mengembangkan antara IPTEK dan IMTAQ. 

Dengan mengacu pada hukum Islam, mari kita berlomba dalam mendapatkannya. 

“...maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan” (QS. Al-Baqoroh:148)

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (QS. Al-Mujadalah : 11)

Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. Nabi Muhamad pernah bersabda :”Janganlah ingin seperti orang lain, kecuali seperti dua orang ini. Pertama orang yang diberi Allah kekayaan berlimpah dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi Allah al-Hikmah dan ia berprilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain (HR Bukhari)

KSM bertujuan  untuk peningkatkan mutu pendidikan Sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Tujuan khusus diselenggarakannya KSM adalah:
  1. Menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agama.
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah.
  4. Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.

Untuk tahun ini, KSM didesain sedikit berbeda dari dua tahun sebelumnya, dengan mengikutsertakan Karya Tulis dari Siswa berbasis Riset.  Lomba karya tulis ilmiah siswa berbasis riset, ini merupakan salah satu instrumen yang diharapkan dapat mengukur hal tersebut selain juga dapat mempetakan kemampuan peserta didik dalam hal penelitian. Penelitian yang akan dilombakan ini meliputi bidang ilmu pengetahuan alam dan sosial.

Karya tulis siswa berbasis riset tahun ini mengambil tema:
  1. Sumber Daya Alam (SDA) dan peningkatan kesejahtraan umat manusia (Program IPA)
  2. Homogenitias, dan keragaman sosial bangsa Indonesia sebagai kekayaan serta anugrah Tuhan yang dapat dijadikan sebagai sumber daya pembangunan bangsa (Program IPS)
Hadiah terdiri dari;
1. Uang Pembinaan
     1). Juara 1 Rp. 15.000.000,-
     2). Juara II Rp. 12.500.000,-
     3). Juara III Rp. 10.000.000,-
     4). Harapan I Rp. 8.000.000,-
     5). Harapan II Rp. 6.000.000,-
     6). Harapan III Rp. 4.000.000,-
2. Piagam Penghargaan (Semua Pemenang)
3. Medali (Khusus Juara)

Untuk lebih jelasnya silahkan baca pedoman KSM 201 dan Juknis Karya Ilmiah Siswa Berbasis Riset

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger
Kimia MAN Klaten @ 2016-DAVERANGGA. Diberdayakan oleh Blogger.