Sabtu, 10 November 2012

Tips menghadapi UN 2013


Ujian Nasional 2013 menyiratkan sebuah kualitas pendidikan Indonesia. Tetapi bagi sebagian siswa, UN 2013 adalah sebuah MOMOK yang sangat mengerikan. Bagaimana tidak?
Soal UN 2013 mempunyai 20 varian soal, dimana dalam satu ruang ujian tidak ada satu soalpun yang sama (tata urutannya). Maka, ada beberapa tips yang diperlukan untuk menghadapi UN 2013. Ada pun beberapa persiapan menghadapi  ujian nasioanl yang mungkin bisa membantu adalah sebagi berikut :

a. Minta Bimbingan dan Campur Tangan Allah
Allah adalah sumber ilmu pengetahuan, maka mintalah kepada-Nya pengetahuan itu. Pahami kelebihan dan kelemahan anda untuk lebih mengenal Dia dan berharap kepada Dia (berdoa kepada Allah). Jangan berharap pada lembaga yang memberi iming iming jawaban UN dengan cara apapun.

b. Pahami Model Ujian
Model ujian setiap tahun berbeda. Kalau tahun 2012 yang lalu model ujian 5 paket soal per kelas. Jadi untuk ukuran kelas yang 20 orang, maka kemungkinan soal yang sama ada 5 soal. Memungkinkan kerjasama bukan ?. Ya, kerjasama, tapi jangan pernah kerja sama kalau ujian nasional ya. Bukan itu tujuan saya. Kalau dibandingkan dengan tahun 2013 jauh berbeda.
Berdasarkan keterangan pers Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, variasi soal menjadi 20 dengan proporsi  tingkat kesulitan soal kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar dan standar nilai 6 atau 5.5. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dalam satu kelas yang kapasitasnya 20 , setiap siswa satu model soal.  Proporsi kesulitan soal yang semaik meningkat, dan standar nilai yang tinggi juga menjadi alasan bagi setiap siswa mempersiapkan diri dengan ekstra.

c. Pahami Model Soal
Memahami model soal sesuai tingkat satuan pendidikan dengan baik sama halnya memetakan bagian apa saja yang akan diujikan pada ujian nasional. Memahami model soal dengan baik, teman teman sebaiknya memiliki bank soal yang banyak dan uptodate. Berdasarkan pengalaman, bank soal sebaiknya mencakup soal – soal 10 tahun atau paling tidak 3 sampai 5 tahun kebelakang.  Selain memiliki bank soal, teman teman juga sebaiknya memiliki kisi-kisi ujian nasional yang setiap tahunnya dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Tapi sampai sekarang kisi – kisi tersebut masi belum keluar. Sebelum kisi-kisi keluar tidak ada salahnya menyicil dulu.  Persiapkan bank soal yang ada.

d. Belajar Dengan Kecepatan 30 / Jam
Jika standar jam kerja karyawan perusahaan adalah 8 jam perhari, maka standar jam belajar siswa juga paling tidak sama. Sehari yang jumlah jamnya 24 jam, diambil 8 jam minimal untuk mengerjakan soal-soal.
Dalam sehari 8 jam, kecepatan  mengerjakan soal minimal 30 per jam. Dalam satu hari jumlah soal yang dikerjakan ada 8 x 30 = 240 soal. Kita ambil nilai valasnya 200 soal. Dalam Seminggu jumlah hari belajar kita standarkan 6 hari saja. 200 x 6 = 1.200 soal. 
Fokus , misalnya dalam satu hari menjawab soal 2 mata pelajaran. Misalnya pada hari senin mempelajari Matematika dan Fisika. Matematika 4 Jam dan Fisika 4 jam, tergantung kemauan dan kemampuan. Dan pada hari berikutnya dilanjutkan pada pelajaran lain dan begitu seterusnya terus menerus.
Pengalaman mencatat bahwa orang yang biasa makan cepat selalu lebih cepat makan dari pada orang rakus manapun. Orang yang Jenius bisa dikalahkan oleh orang yang bekerja keras. Maka , begitu juga jika terbiasa mengerjakan soal yang banyak dengan bermodalkan kerja keras, maka pasti cepat dan lihai mengerjakan soal demi soal. Soal semudah apapun jangan pernah anda nilai tidak penting selalu saja kerjakan dengan sabar. Dengan semakin banyak yang kita kerjakan, maka dengan sendirinya kita mendapatkan trik pribadi mengerjakan soal tersebut dalam waktu yang relatif cepat dan benar.

e. Jaga Kesehatan
Kesehatan adalah modal utama. Mulai dari sekarang jaga kondisi kesehatan supaya tetap fit. Kondisi kesehatan sangat berpengaruh pada kemampuan otak. Makanya, jagalah kesehatan.

f. Bersiaplah sekarang
Mengapa harus menunggu nanti, mulailah bersiap dari sekarang.


0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger
Kimia MAN Klaten @ 2016-DAVERANGGA. Diberdayakan oleh Blogger.