Rabu, 30 Oktober 2013

Mengapa Tidak Ditemukan Unsur dengan Lambang A dalam SPU?


Sistem periodik Unsur yang kita kenal sekarang merupakan hasil modifikasi  yang  panjang  dari  Sistem  Periodik Unsur  yang  diusulkan  oleh  Mendeleeve.  Tahukah  kamu?  Symbol  A  pernah  menghuni  salah  satu  kotak pada  table  periodik.  Tentu  saja  bukan  table  periodik  dari  Mendeleev. Karena, unsur  yang menggunakan  symbol A belum ditemukan saat Mendeleev memperkenalkan tabelnya.

Unsur apakah itu?

Adalah William Ramsay  (kimiawan dari Skotlandia) dan  Robert John Strutt atau Lord Rayleigh  (fisikawan  dari Inggris)  yang mula-mula  tertarik pada pernyataan  Henry Cavendish tentang udara. Cavendish menyatakan bahwa jika oksigen dan nitrogen diambil dari udara maka akan tertinggal gas yang belum diketahui (1785). Sekitar 100 tahun setelahnya, yaitu ta- hun 1895, keduanya mengadakan peryelidikan dengan mencairkan udara. Keduanya menemukan gas yang sukar bergabung denganzat lain. Oleh karena itu diberinama si malas atau argon.

Ya, pada awalnya argon memang diberi symbol A. Akan tetapi pada tahun 1957,   salah satu komisi IUPAC yang menangani  berat atom men- gadakan konferensi  yang salah satu haslnya adalah mengubah  symbol A menjadi Ar untuk argon. Pada konferensi  ini sebenarnya  juga terjadi pen- gubahan lambang atom lain, yaitu mendelevium yang bernomor atom 101 dari My menjadi Md.

Tidak terlalu jelas mengapa Ar digunakan  untuk mengganti  A sebagai lambang unsur  argon. Salah satu kemungkinannya  adalah menghin- dari kerancuan  dengan  lambang  nomor  massa  atom  yang telah terlebih dulu digunakan untuk lambang massa atom. Hal lain yang perlu diperhati- kan, mungkin, adalah A terlanjur sering digunakan untuk lambang-lambang yang lain, termasuk untuk menyatakan variable umum.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger
Kimia MAN Klaten @ 2016-DAVERANGGA. Diberdayakan oleh Blogger.