Senin, 14 Mei 2012

Tips Merawat Alat Lab


MIKROSKOP

Penyimpanan diberi lamp merah 5 watt non stop untuk penanggulangan kelembaban pada lensa. Mengatasi lensa yang kena jamur, cattonbut dibasahi SHELOL lalu dioleskan ke lensa yang berjamur.

OHP
Mengatasi jamur dan debu melekat pada kaca dan layar, tisu dibasahi SHELOL lalu digosokkan ke layar maupun kacanya.

KOMPUTER
Agar pemakaian tidak memedihkan mata / menghilangkan debu / flek yang melekat pada kaca, tisu dibasahi SHELOL lalu digosokkan ke bagian kaca.


GELAS KIMIA
Penanggulangan sisa – sisa bahan kimia dan bekas pembakaran yang melekat pada gelas, pengaduk kaca dibalut kapas dibasahi larutan asam lalu digosokkan ke bagian gelas yang mengerak.

BEJANA
Melarutkan kotoran di dalam bejana, bejana diisi dengan larutan asam beberapa cc lalu dikocok, setelah kotoran di dalam bejana larut baru dibilas air.

PIREK
Membersihkan bekas-bekas air kapur / zat kimia yang melekat pada kaca, pengaduk dibalut kapas lalu dibasahi larutan lalu digosokkan ke kaca, setelah larut dibilas air.

TABUNG REAKSI
Mengantisipasi air kapur dan kerak yang melekat pada tabung, pengaduk kaca dibalut kapas dibasahi larutan asam lalu dikorokkan ke tabung, setelah bersih baru dibilas air.

PIPA KAPILER
Untuk melarutkan kotoran-kotoran yang melekat pada pipa, pipet diisi larutan asam beberapa cc lalu disemprotkan ke dalam pipa dan dikocok setelah kotoran-kotoran di dalamnya larut baru disemprotkan aor / dibilas air.

GELAS UKUR
Membersihkan noda-noda yang lengket pada gelas, pengaduk dibalut kapas sekaligus dibasahi larutan asam lalui digosokkan ke gelas setelah bersih lalu dibilas air.

KERANGKA MANUSIA, HEWAN DAN TORSO
Perawatan agar tidak rapuh atau keropos yang disebabkan oleh ngengat, cukup dibungkus plastik dan sekaligus untuk menghindari debu.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Powered By Blogger
Kimia MAN Klaten @ 2016-DAVERANGGA. Diberdayakan oleh Blogger.